Jumat, 17 Agustus 2012

Ir. Soekarno

Yang mengaku bangsa Indonesia pasti mengenal salah satu dari dua tokoh proklamator yang satu ini. Beliau adalah Ir. Soekarno. Salah seorang yang mempunyai semangat juang tinggi. Beliau telah sukses memproklamir kan kemerdekaan Indonesia bersama rekannya Mohammad Hatta.

Dr.(HC) Ir. Soekarno. Beliau terlahir dengan nama Koesno Sosrodihardjo dan lahir di Surabaya Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan beliau meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970 pada umur 69 tahun. Adalah Presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 1945–1966. Ia memainkan peranan penting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Soekarno adalah penggali Pancasila karena ia yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai dasar negara Indonesia itu dan ia sendiri yang menamainya Pancasila. Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945.
Soekarno menandatangani Surat Perintah 11 Maret 1966 Supersemar yang kontroversial, yang isinya berdasarkan versi yang dikeluarkan Markas Besar Angkatan Darat menugaskan Letnan Jenderal Soeharto untuk mengamankan dan menjaga keamanan negara dan institusi kepresidenan. Supersemar menjadi dasar Letnan Jenderal Soeharto untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) dan mengganti anggota-anggotanya yang duduk di parlemen. Setelah pertanggungjawabannya ditolak Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) pada sidang umum ke empat tahun 1967, Presiden Soekarno diberhentikan dari jabatannya sebagai presiden pada Sidang Istimewa MPRS pada tahun yang sama dan mengangkat Soeharto sebagai pejabat Presiden Republik Indonesia.

Jadi sudah sepantasnya bila Ir. Sukarno dan Moh Hatta mendapat gelar sebagai pahlawan Proklamator. Benar begitu kan ??

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar, komentar yang memuat hal-hal yang memicu perdebatan tidak akan dimoderasi