Selasa, 09 Juli 2013

Kiat Dalam Memilih Teman Bergaul

Assalamu'alaykum

Masa muda adalah masa penuh dengan suka cita. Belajar banyak hal untuk kehidupan masa depan, nongkrong bareng dengan teman-teman sebaya, juga mulai merasakan bagaimana rasanya jatuh cinta.
Terlepas dari berbagai kenikmatan dunia di masa muda, ternyata masa-masa ini juga menjadi masa yang rawan dan dapat berakibat fatal apabila kita tidak mengatur pola pergaulan kita.

Jika pada masa ini pergaulan tidak dijaga, niscahya masa depan si anak akan suram. Mungkin bukan suram secara duniawi, akan tetapi secara akhirat.

Pada masa ini para remaja diwajibkan untuk menyaring teman bergaul mereka, jika salah dalam memilih teman dapat menjerumuskan si anak ke lubang hitam kemaksiatan.

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda:
"Seseorang  itu tergantung agama temannya maka hendaknya salah seorang diantara kalian melihat bersama siapa ia bersahabat.” (HR. Abu Dawud no. 4833 Ahmad, Tirmidzi no. 2379 dan Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman), (Hadist ini hasan sebagaimana dalam Al Misykah no. 5019.)
Lalu bagaimana kriteria teman yang baik untuk pergaulan?

Ibnu Al-Jauzi telah mengajarkan kepada kita tentang lima kriteria dalam memilih teman bergaul, diantaranya:


Pertama, pilihlah teman yang berakal. Janganlah kita bergaul dengan teman yang kurang sehat dan kurang berakal akhlaknya.

Yang kedua, berakhlaq baik. Jangan memilih teman yang cerdas dan berakal tapi aqidah dan akhlaq nya buruk. Yang ada kita nanti malah akan terjerumus ke dalam lingkungan maksiat.


Ketiga, pilihlah teman yang bertaqwa dan bukan orang fasik. Karena orang fasik yang tidak taat kepada Tuhannya itu tidak dapat dipercaya, sebab tidak tertutup kemungkinan Ia akan berbuat jahat kepada temannya tanpa memperdulikan pertemanan tersebut.
Allah Azza Wa Jalla berfirman pada Q.S Az-Zukhruf : 67


Keempat, Ia berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan As-Sunah. Alangkah baiknya jika kita memiliki teman seorang ahli ibadah.

Kelima, tidak ambisius terhadap semua. Utamanya tidak ambisius terhadap segala hal yang berbau duniawi.

Semoga kita semua ditunjukan oleh Allah jalan yang lurus, jalan yang diridhoi-Nya untuk dapat bersosialisasi dengan orang-orang yang bertakwa. Aamiin

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar, komentar yang memuat hal-hal yang memicu perdebatan tidak akan dimoderasi