Selasa, 09 Juli 2013

Bersihkan Hati Menyambut Ramadhan 1434 Hijriah

Assalamu'alaykum

Tak terasa bulan ramadhan tahun ini telah tiba, alhamdulillah kita masih diberi kesempatan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala untuk dapat berjumpa dengan bulan penuh berkah ini.
Banyak yang orang nantikan di bulan ini, mulai dari banyaknya makanan di bulan ini, sampai banyaknya pahala yang dapat diperoleh.

Namun terlepas dari itu semua, masih banyak orang-orang yang kurang antusias menyambut bulan suci ini, terlebih dalam hal rohaniah dan batiniah. Masyarakat berbondong-bondong untuk menyambut ramadhan hanya dari segi duniawi saja. Sehingga banyak orang-orang yang kurang siap secara rohani dan batinnya dalam menyambut bulan ramadhan.

Rasulullah SAW bersabda:
"Banyak diantara umatku yang berpuasa, tapi tidak mendapatkan apa-apa melainkan hanya lapar dan dahaga"
Maka seharusnya di dalam menyambut serta melaksanakan ibadah di bulan ramadhan ini kita berlomba-lomba untuk merenovasi diri. Saatnya untuk menghandle nafsu, dan bukannya dihandle nafsu. Saatnya untuk tingkatkan ibadah, kurangi maksiat. Agar nantinya kita menjadi orang yang menang secara lahir maupun batin.

Allah Subhanahu wa ta'ala berFirman dalam sebuah hadist qudsi, yang berbunyi
Dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, beliau dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : "Sesunguhnya Allah Yang Maha Suci dan Maha Tinggi berfirman : "Puasa itu untukKu dan Aku membalasnya. Orang yang berpuasa itu mendapat dua kegembiraan, yaitu ketika berbuka dan ketika bertemu dengan Tuhannya. Demi Dzat Yang jiwa Muhammad di tanganNya, sungguh bau busuknva mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah dari pada bau kasturi." 
Begitu banyaknya fadhilah/keutamaan dari puasa. Diantaranya adalah tubuh menjadi sehat, namun jangan jadikan ibadah puasa hanya sekedar ibadah lahiriah saja, melainkan juga dengan ibadah batiniyah. Jadikan bulan puasa sebagai momentum meraih kemenangan lahir batin dan terus renovasi diri agar diri kita jauh lebih baik dari sebelumnya.

Semoga kita masih diberikan kesempatan oleh Allah untuk menemui bulan ramadhan selanjutnya. Aamiin

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar, komentar yang memuat hal-hal yang memicu perdebatan tidak akan dimoderasi