Minggu, 30 September 2012

Keistimewaan Kota Makkah




“Makkah”  adalah kota suci yang sering disebut – sebut di dalam Al – Qur’an dan hadits Rasulullah. Makkah memiliki beberapa sebutan antara lain : Bakkah, Umm Al Qura, Al-Balad, Al Baladul Amin, Haram Amin, Wad Ghairu Dzi Zar’in, Ma’ad, Qaryah,  al-Masjid al-Haram, Al – Baldah, dll.

Berkali – kali disebutkan di dalam al-Qur’an dan banyaknya sebutan menunjukkan banyaknya keistimewaan dan keutamaan yang dimiliki kota Makkah.
Makkah dianggap istimewa karena merupakan tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW dan tempat turunnya wahyu (al-Qur'an).


Allah SWT berfirman :

Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia ialah Baitullah yang di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim. Barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengejakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari kewajiban haji, maka sesungguhnya Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.”(QS. Alu 'Imran: 96,97)

Tidak hanya itu, tetapi di Makkah juga terdapat bangunan yang berusia ribuan tahun yaitu Ka’bah. Setiap tahun jutaan umat manusia siang dan malam dari berbagai penjuru dunia datang mengelilinginya.

Satu lagi keistimewaan Makkah yang tidak ditemukan di tempat lain, yaitu air Zam-zam.  Air zam-zam merupakan air yang terdapat di tanah suci Mekkah, Arab Saudi. Kata Zam-Zam dalam bahasa Arab berarti, yang banyak atau melimpah. Adapun air Zam-Zam yang dimaksud oleh syari'at, yaitu air yang berasal dari sumur Zam-Zam. Letaknya dengan Ka'bah, berjarak sekitar 38 hasta.

Dinamakan Zam-Zam, karena memang air dari sumur tersebut sangat banyak dan berlimpah. Tidak habis dan selalu mengalir sepanjang tahun walau sudah diambil dan dibawa setiap harinya ke seluruh penjuru dunia oleh kaum Muslimin.

Mata Air zam-zam dipercaya dapat membawa berkah bagi yang meminumnya dan diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Manfaat air zam-zam telah terbukti secara ilmiah. Berdasarkan penelitian, air zam-zam tidak berbau (sebagai salah satu indikator air sehat) dan terbukti memiliki kandungan mineral kalsium, magnesium, dan fluorida yang tinggi. Kualitas air zam-zam tidak berubah selama penyimpanan dalam jangka waktu panjang. Kandungan kalsium dan magnesiumnya juga relatif jauh lebih tinggi dibandingkan dengan air konsumsi yang biasa kita minum.

Dari Ibnu 'Abbas Radhiyallahu 'anh, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

"Air Zam-Zam sesuai dengan niat ketika meminumnya. Bila engkau meminumnya untuk obat, semoga Allah menyembuhkanmu. Bila engkau meminumnya untuk menghilangkan dahaga, semoga Allah menghilangkannya. Air Zam-Zam adalah galian Jibril, dan curahan minum dari Allah kepada Ismail."

Demikianlah sebagian kecil dari banyaknya keistimewaan kota suci Makkah. Segala puji bagi Allah Yang Maha Memberi lagi Maha Kaya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar, komentar yang memuat hal-hal yang memicu perdebatan tidak akan dimoderasi