Minggu, 04 Maret 2012

Adab Makan dan Minum dalam Islam

Makan dan minum ternyata tidak hanya memberikan rasa kenyang dan menghilangkan dahaga saja. Akan tetapi jika di sertai dengan niat sebagai ibadah, saat makan dan minum kita juga bisa mendapat Reward atau Pahala dari Allah S.W.T. Makanan yang baik adalah makanan yang HalalanThoyyibah atau makanan yang Halal dan juga Baik.Kita juga harus mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita, entah makanan itu hanyalah Tempe, Tahu, atau Ayam kita harus selalu mensyukuri nikmat yang Allah berikan, seperti pada Firman-Nya dalam surat An-Nahl (114) : "Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah keoadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah"
Dalil diatas menjelaskan perintah mengkonsumsi makanan dan minuman yang Halal dan Baik dari rezeki yang Allah berikat kepada kita.


A. Adab Makan dan Minum
Berikut ini adalah adab makan dan minum yang dicontohkan Rasulullah S.A.W :
1. Membaca Basmalah sebelum makan/minum dan berdoa.
2. Duduk dengan baik, tegap dan tidak menyandar. Karena hal itu lebih baik bagi lambung, sehingga makanan akan turun dengan sempurna.
3. Makan dan minum tidak sambil berdiri.
4. Mencuci tangan sebelum makan.
5. Menggunakan tangan kanan.
6. Tidak mencela makanan yang disajikan.
7. Tidak meniup makanan/minuman yang disediakan. Meniup dan bernafas saatminum dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan.
8. Bersikap sederhana dan tidak berlebihan ketika makan.
9. Memulai makan dari yang dekat dan tidak memenuhi mulut dengan makanan yang banyak.
10. Tidak banyak bicara ketika sedang makan.

11. Disunahkan untuk makan secara berjamaah dan tidak berpencar sendiri-sendiri, karena dengan hal ini akan mempercepat persaudaraan sehingga menyebabkan turunnya berkah kepada makanan yang kita makan.
12. Meneguk minuman tidak sekaligus.
13. Tidak mengeluarkan suara keras ketika mengunyah, karena hal itu akan mengganggu orang lain.
14. Jangan mengawasi atau melihat orang yang sedang makan, karena hal itu dapat menyebabkan turunnya selera makan orang itu.
15. Tidak menyia-nyiakan makanan di piring, bahkan kita dianjurkan untuk membersihkan tangan dan jari-jari kita dengan mulut ketika selesai makan.
16. Membaca hamdalah dan doa sesudah makan.
17. Mencuci tangan setelah makan.

Apa bila Antum lupa membaca Basmalah saat hendak makan, dan terlanjur mengunyah makanan di dalam mulut. Hendaknya Antum membaca "Bismillahi Awwaluhu wa Akhiruhu"

Setelah membaca artikel ini, hendaknya Antum dapat memahami isi dan mempraktikannya di dalam kehidupan sehari hari. Wassalamu'alaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar, komentar yang memuat hal-hal yang memicu perdebatan tidak akan dimoderasi