Senin, 06 Mei 2013

Mengapa Harus di Khitan?


Assalamu'alaykum

Di negara-negara yang  mayoritas penduduknya adalah Muslim, khitan memang menjadi hal yang biasa dilakukan bagi anak laki-laki atau pun laki-laki dewasa yang belum melakukannya.
Sementara bagi bayi perempuan, khitan bersifat anjuran dan utama jika melakukannya. Dulu, metode khitan menggunakan cara pemotongan konvensional, namun kini telah banyak teknologi canggih yang membantu mempercepat prosesnya.

Anjuran untuk khitan bagi laki-laki memang tidak tertuang dalam Al-Qur’an, namun berdasarkan historisnya, ternyata prosesi yang disebut sirkumsisi dalam bahasa ilmiah ini sudah dilakukan turun-temurun sejak jaman Nabi Ibrahim A.S.

Tak pelak, khitan menjadi hal yang utama bagi laki-laki Islam. Bahkan dalam Hadist Nabi salallahu'alihiwasalam menjelaskan:
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: "Di antara kemuliaan yang diberikan Allah SWT kepadaku adalah, aku dilahirkan dalam keadaan sudah dikhitan, karena itu tidak ada orang yang melihat aurat/kemaluanku".(HR. al- Thabrani, Abu Nuaym, al Khatib dan ibn Asakir,  diriwayatkan dari Ibn Abbas, Ibn Umar, Anas, Abu Hurairah. menurut Diya^ al Maqdisi, hadits ini shahih. Al Hakim selain menilai shahih, juga mengatakan mutawatir. Lihat al Khasa is al Kubra, Jlid.1, hal. 90-91)

Tak hanya itu, hadist tentang khitan pun diperkuat dalam Shahih Bukhari 5283 sebagai berikut: Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Qaza'ah telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Sa'd dari Ibnu Syihab dari Sa'id bin Musayyab dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: "(Sunah) fitrah itu ada lima, yaitu; khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, mencukur kumis dan memotong kuku." (HR. Al-Bukhary & Muslim)

Jika dilihat dari segi kesehatan, ternyata khitan  memberikan banyak manfaat. Di antaranya adalah orang yang dikhitan memiliki risiko terjangkit infeksi yang lebih kecil, bahkan terhindar dari penyakit kanker penis.

Tak hanya itu, khitan juga dapat mencegah seseorang terjangkit virus pappiloma (HPV) dan mencegah tertular virus HIV-AIDS. Secara anatomi, saat buang air kecil, kuman dan kotoran akan terbawa.

Pada pria, kuman dan kotoran itu akan menumpuk di bawah kulit kepala penis dan lama-lama akan berkembang di sana. Jika kepala penis ini dipotong, kuman dan kotoran itu akan terbuang bersama urine yang keluar. Itulah sebabnya Sobat Lebaran perlu untuk melakukan khitan karena selain utama bagi agama, juga baik untuk kesehatan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar, komentar yang memuat hal-hal yang memicu perdebatan tidak akan dimoderasi