Rabu, 24 Oktober 2012

Fadhilah Puasa Arafah

Assalamu'alaykum
Ahlan wa sahlan.

Tidak terasa kita sekarang telah masuk di bulan Dzulhijjah dan sebentar lagi hari raya Idul Adha akan tiba. Sebelum Idul Adha tiba, marilah kita membersihkan diri dengan berpuasa Arafah di tanggal 9 Dzulhijjah, atau untuk tahun 2012 ini akan jatuh pada tanggal 25 Oktober 2012 Masehi.

Puasa Arafah ini di sunnah kan bagi ummat Islam yang tidak sedang melakukan ibadah haji di tanah suci dan tujuannya adalah untuk menghormati para jemaah haji yang sedang berwukuf di padang Arafah. Fadhilah atau manfaatnya antara lain adalah menghapuskan dosa kecil setahun sebelum dan setahun sesudahnya selain itu, kita juga dapat di jauhkan Allah dari api neraka selama 70 tahun.
Rasulullah S.A.W bersabda “Saya berharap kepada Allah agar dihapuskan (dosa) setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya.” (HR Muslim). Tapi kita juga tidak boleh berfikir kalau dosa kita akan dihapus dengan puasa Arafah, lantas kita bebas untukk berbuat dosa.

Sabda Nabi yang lain adalah “Puasa Arafah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan dosa setahunakan datang. Puasa asyuro (10 Muharam) akan menghapus dosa setahun yang lalu” (HR. Muslim). 
Sebaik-baik do’a adalah do’a pada hari Arofah. Dan sebaik-baik yang kuucapkan, begitu pula diucapkan oleh para Nabi sebelumku adalah ucapan “Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli sya-in qodiir (Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Miliki-Nya segala kerajaan, segala pujian dan Allah yang menguasai segala sesuatu)”.” (HR. Tirmidzi, hasan)

Untuk itu marilah kita berpuasa dan marilah kita berbuka puasa dengan mengucap Dzahabaz zhama-u wabtallatil uruuqu watsabatal ajru insya Allah  yang artinya : Telah hilang dahaga dan telah basah urat-urat dan telah tetap pahala Insyaa Allah

Semoga dengan kita bepuasa Arafah esok hari, Allah mengampuni dosa-dosa kecil kita dan menjauhkan kita dari api neraka, dan semoga para jemaah haji yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci mendapatkan haji yang mabrur untuk selama-lamanya. Bagi sahabat yang belum menunaikan haji, marilah kita berdoa : Allahummarzuqna ziyarotal makkata wal madinata ma'as salamah. Aamiin Yaa Robbal Alamiin.

Wassalamu'alaykum

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar, komentar yang memuat hal-hal yang memicu perdebatan tidak akan dimoderasi