Senin, 25 Februari 2013

Riya', Saudaranya Sombong

Assalamu'alaykum

Riya' yang akan kita bahas disini bukanlah riya' yang keluar dari hidung saat pilek. Melainkan Riya' yang menurut istilah artinya melakukan ibadah atau amalan agar kemudian dipuji atau disanjung oleh orang lain agar terlihat alim dan tenar. Riya' juga masih ada hubungan saudara dengan sombong, dan keduanya merupakan hal yang dibenci Allah.


Dalam kehidupan sehari-hari tak jarang kita temui orang-orang yang berbuat riya', baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

Dunia Nyata
Banyak orang yang bersedekah demi mendapat pujian dari tetangga, ataupun orang berhaji hanya demi mengejar gelar H atau Hj.

Dunia Maya
Tak jarang kita temui para pengguna sosial media seperti facebook maupun twitter yang menuliskan status "Mau sholat dulu ahh.." "Sholat dulu terus dilanjut ngaji" "Tahajud dulu ahh..". Sebenarnya apa tujuan dari berbuat seperti itu? tujuannya mengingatkan atau malah memamerkan ibadah?

Untuk beribadah yang pertama dan paling utama adalah niat, niatkan ibadah sahabat karena Allah ta'ala. Kalau niatnya belum baik, sebaiknya ditunda dulu sampai niat sahabat menjadi bersih karena Allah.

Semoga pembahasan kali ini dapat membawa manfaat, dan juga sebagai himbauan untuk tidak melakukan hal tercela yang dimaksud diatas.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar, komentar yang memuat hal-hal yang memicu perdebatan tidak akan dimoderasi