Minggu, 14 April 2013

Tips Menjelang UN

Assalamu'alaykum



Bagi para siswa kelas puncak se-Indonesia, mungkin bulan April dan Mei menjadi 'momok' yang menyeramkan. Di bulan inilah mereka menganggap detik detik penentuan bagi masa depan mereka.
Padahal sebenarnya UN hanya menjadi syarat bagi siswa untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, bukan menjadi penentu masa depan. Penentu masa depan adalah diri kita sendiri, UN hanya menjadi pemanis belaka.

Diantara banyak siswa ada yang memilih mempersiapkan diri dengan sibuk latihan soal-soal, mengikuti tryout yang diadakan di lembaga sana-sini, atau ada yang lebih memilih pasrah dengan apa yang dia dapat nanti. Dan ternyata menurut salah satu tim riset independent mengatakan hampir 87% siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional terlihat cemas dan paranoid. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah karena siswa terlalu banyak mengikuti tryout di lembaga-lembaga di luar dinas pendidikan. Dengan dihadapkan dengan soal-soal yang berbeda tingkat kesulitannya, siswa akan merasa semakin tertekan dan menjadi stres, takut menghadapi soal, dan mengalami paranoid dengan soal yang akan dia hadapi.

Berikut tips-tips yang dapat dilakukan sebelum Ujian Nasional:
1. Jangan terlalu dipaksakan untuk belajar. Kelola waktu dengan tepat, sesekali pergi ke luar untuk menyegarkan pikiran agar otak selalu fresh dan mudah menerima bahan yang akan dipelajari.
2. Belajar di waktu-waktu efektif. Diantaranya pada pukul 02.00 hingga menjelang subuh. Karena diwaktu ini kita otak masih fresh setelah bangun tidur dan pikiran menjadi tenang setelah melaksanakan ibadah malam tahajud.
3. Perbanyak doa. Doa menjelang Ujian Nasional
4. Jaga kesehatan. Jangan sampai di waktu ujian nanti kesehatan kita malah drop, karena akan mengurangi kefokusan kita dan semua yang sudah dipelajari akan hilang. Buyar
5. Jangan terlalu sering mengikuti tryout di luar dari yang diselenggarakan dinas pendidikan. Karena setiap lembaga penyelenggara tyout memiliki tipe soal yang berbeda beda. Hal ini akan menekan pikiran kita dan membuat siswa menjadi paranoid.
6. Tawakal, ikhtiar, qona'ah, dan ikhlas terhadap segala sesuatu yang telah kita dapati.

Semoga semua siswa diberi kemudahan dan kelanjaran dalam mengerjakan soal. Aamiin. Al-Fatihah

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar, komentar yang memuat hal-hal yang memicu perdebatan tidak akan dimoderasi