Sabtu, 26 Januari 2013

Empat Hari Raya Islam dalam Setahun

Assalamu'alaykum

Makna hari raya dalam Islam sendiri adalah hari besar atau hari dimana terdapat peristiwa religius yang menyertainya. Dan hari raya itu sendiri bukan hanya terdiri dari dua hari raya, Idul Fitri dan Idul Adha. Melainkan empat hari raya yang dilalui umat Islam dalam satu tahun:

1. Hari Jum'at
Dari Abu Lubabah bin Ibnu Mundzir radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Hari jum’at adalah penghulu hari-hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah, hari jum’at ini lebih mulia dari hari raya Idhul Fitri dan Idul Adha di sisi Allah, pada hari jum’at terdapat lima peristiwa, diciptakannya Adam dan diturunkannya ke bumi, pada hari jum’at juga Adam dimatikan, di hari jum’at terdapat waktu yang mana jika seseorang meminta kepada Allah maka akan dikabulkan selama tidak memohon yang haram, dan di hari jum’at pula akan terjadi kiamat, tidaklah seseorang malaikat yang dekat di sisi Allah, di bumi dan di langit kecuali dia dikasihi pada hari jum’at.” (HR. Ahmad)

2. Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal
3. Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban
4. Hari Maulid Nabi Muhammad SAW
“Barang siapa yang memulyakan / memperingati hari kelahiranku maka aku akan memberinya syafa’at pada hari kiamat. Dan barang siapa memberikan infaq satu dirham untuk memperingati kelahiranku, maka akan diberi pahala seperti memberikan infaq emas sebesar gunung fii sabilillah"

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar, komentar yang memuat hal-hal yang memicu perdebatan tidak akan dimoderasi